Wisata di Jawa Tengah Kekinian

Sekarang destinasi wisata sudah mulai kembali dibuka setelah beberapa waktu yang lalu ditutup karena pandemi. Kamu yang ada di Pulau Jawa dan sudah tidak sabar ingin pergi berlibur, maka wajib tahu beberapa rekomendasi tempat wisata Jawa Tengah yang akan membuat liburan makin menyenangkan. 

Pilihan Tempat Wisata Terbaru di Jawa Tengah

Mulai dari pantai, lokasi dengan dataran tinggi, cagar budaya, sampai wisata edukasi, semua bisa ditemukan di Jawa Tengah. Disana banyak destinasi baru yang mempesona. Jadi, kalau Kamu berencana mengunjungi salah satu Pulau bagian Jawa ini, jangan lupa bertandang ke lokasi di bawah ini:

1.Kampung Krisan Clapar

Wisata populer ini berada di Ibu Kota Jawa Tengah, yaitu Semarang, tepatnya di Lereng Gunung Ungaran di Dusun Clapar Desa Duren Kendalisodo Bandungan. Punya konsep kebun semi green house, lokasi ini sangat sejuk dan penuh dengan hamparan bunga krisan berwarna-warni yang eye catching.

Banyak para remaja yang berkunjung ke destinasi baru ini. Wisata ini bahkan dimanfaatkan untuk pasangan yang ingin foto prewedding. Harga tiket masuk Kampung Krisan Clapar Rp 10.000 per orang. Sementara jika Kamu ingin ke Taman Marmut hanya perlu menyiapkan uang Rp 25.000 per orang.

2.Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raya Indrokilo ada di kawasan persawahan daerah Kemiri Kecamatan Mojosongo Kota Boyolali Jawa Tengah. Wisata ini terkenal punya spot-spot foto yang instagenic. Jadi, tidak heran kalau pengunjung didominasi kalangan remaja yang sedang berburu foto hits buat feeds dan stok foto profile.

Salah satu spotnya adalah Gerbang Pasingsingan yang ramai orang berfoto. Gerbang setinggi 12 meter ini seperti benteng China. Gaya arsitekturnya mirip desain Chiang Kai Shek Memorial Hall Taipei. Spot lainnya ada miniatur air terjun Niagara yang punya tinggi 7 meter. Harga Tiket Masuk Rp. 5.000 / orang.

3.Pantai Karang Bolong

Selain Parangtritis, ada salah satu pantai selatan yang menyuguhkan pemandangan eksotis. Pantai yang dikenal dengan sebutan Karang Bolong ini terletak Kecamatan Buayan Kebumen. Pasirnya berwarna abu-abu agak kecoklatan, airnya jernih dan ada gua karang yang menghiasi pantai jadi lebih indah.

Di sini Kamu bisa bermain pasir dan air sepuasnya. Kalau merasa lapar, jangan khawatir, destinasi ini menyediakan warung-warung kecil penjualan makanan yang ada di sekitar pantai. Untuk harga tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang, biaya parkir kendaraan roda 2 Rp 2.000 dan roda 4 Rp 5.000.

4.Pantai Pulau Panjang

Setelah ke pantai Selatan, sekarang ke Utara. Ada Pantai Pulau Panjang yang siap memanjakan mata. Jika ingin ke sana, Kamu harus ke Pantai Kartini lebih dulu untuk menyewa Kapal ke Pulang Panjang. Suasana disana sangat asri sehingga banyak wisatawan dari berbagai daerah ramai berkunjung.

Wisata ini dihiasi hutan mangrove dan pemandangan pohon-pohon besar. Airnya yang jernih bisa digunakan untuk diving dan snorkeling. Pantainya juga punya pasir yang lembut berwarna putih, cocok untuk area bermain anak-anak. Kamu bahkan bisa melakukan tracking karena Pulau ini sangat luas.

5.Wisata Alam Umbul Sidomukti

Salah satu wisata alam Jawa Tengah ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin mencari udara segar dari penat dengan padatnya suasana Kota. Destinasi ini beralamat di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan, Semarang. Harga tiket masuknya Rp 4.000 saat hari biasa, dan Rp 5.000 di hari weekend.

Di sana Kamu bisa menikmati wahana bermain seperti flying fox dengan panjang lintasan 110 meter dan ketinggian sekitar 70 meter. Ada juga beberapa permainan adrenalin, pondok wisata, camping ground, dan kolam renang yang punya kedalaman yang berbeda-beda. 

6.Umbul Ponggok

Umbul Ponggok dikenal sebagai wisata yang menyerupai lautan. Menawarkan keindahan layaknya bawah laut di kolam renang, spotnya dilengkapi dengan pemandangan karang-karang indah dan ikan. Uniknya, di dasar kolam ada benda yang umumnya ada di darat, seperti sepeda, meja, kursi dan lainnya.

Wisata yang ada di daerah Klaten Jawa Tengah ini lebih mirip kegiatan diving di laut. Pengunjung bisa bebas mengambil foto di dasar kolam, tapi jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung kamera karena di dalam air. Untuk hasil lebih baik, di sana Kamu bisa menyewa fotografer biar foto lebih keren.

7.Pantai Marina

Salah satu wisata terbaru Jawa Tengah ini berlokasi dekat dari pusat Kota Semarang. Jaraknya sekitar 4 km dari Tugu Muda, dan 200 meter dari Bandara Ahmad Yani. Untuk ke Pantai Kamu hanya butuh waktu sekitar 15 sampai 30 menit saja kalau kondisi lalu lintas lancar dan bisa lebih jika sedang padat.

Di Pantai Marina, Kamu tidak hanya bisa bermain air, tapi ada perahu yang disewakan untuk pengunjung yang ingin berkeliling laut. Ternyata wisata ini juga terdapat wahana edukasi dan sejarahnya sambil liburan bisa juga sambil belajar. Untuk harga tiket pengunjung hanya sebesar Rp 5.000 per orang. 

8.Kampung Pelangi

Kampung Pelangi adalah wisata baru Jawa Tengah yang sekarang makin banyak dikunjungi wisatawan lokal. Berlokasi tidak jauh dari Tugu Muda, destinasi ini bernama asli Kampung Wonosari. Alamatnya di Kelurahan Randusari Kecamatan Semarang Selatan dan terletak di atas sebuah bukit tengah Kota.

Pada mulanya kawasan ini adalah perkampungan biasa yang cenderung kumuh dan tidak menarik. Tapi akhirnya warga sekitar yang ada di sana ramai-ramai menyulapnya jadi berwarna-warni. Ide tersebut karena warga ingin mengimbangi Pasar Bunga di sekitar sana yang semakin bagus setelah direnovasi.

9.Lembah Sindoro Posong

Lembah Sindoro Posong adalah salah satu destinasi alam cukup menarik yang ada di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Wisata ini berlokasi di daerah sekitar gunung kembar yaitu gunung Sumbing dan Sindoro.

Pengunjung yang datang rata-rata ingin melihat pemandangan matahari terbit dari lembah ini. Sambil menikmati udara yang sejuk dan segar, Kamu bisa sambil berfoto dengan latar belakang kedua gunung yang indah. Di sana juga ada gubuk-gubuk buat tempat menyaksikan sunrise.

10.Maron Mangrove Edupark

Lagi lagi Semarang menyuguhkan wisata hits yang mulai ramai dikunjungi para wisatawan. Maron Mangrove Edupark berlokasi di Tugurejo Kota Semarang. Di sana Kamu akan sering melihat pemandangan lalu lalang pesawat terbang karena destinasi ini juga tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani.

Di sana ada menara dengan tinggi 10 meter yang bisa untuk melihat pemandangan Kota Semarang lebih luas dan jelas. Berfoto di menara juga akan menghasilkan foto yang keren-keren. Untuk menikmati keindahan Maron Mangrove Edupark, biayanya sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 dan parkir Rp 2.000. 

Tanpa harus liburan ke luar negeri yang pasti menghabiskan banyak biaya, Kamu bisa mendatangi salah satu wisata terbaru Jawa Tengah di atas. Pemandangan yang disuguhkan tentu juga tidak kalah mempesona. Salah satu daerah di Indonesia ini ternyata menyimpan banyak permata indah.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Wisata di Jawa Tengah Kekinian"

  1. Waduh rata" dari Semarang ya... Emang keren sh Semarang 😂 Btw klo ditambah in gambar pasti asik gan ?

    ReplyDelete